Khas-Makasar: Makanan, Minuman, Kue, Dan Oleh Oleh

Saat hingga di Makasar persiapan untuk melengkapi wisata masakan khas menyerupai makanan, minuman, kue, hingga belanja buah tangan harus dilakukan ketika pulang nanti sehingga anda sudah menuntaskan seluruh itinerary perjalanan yang menarikdanunik di kota yang sangat sangat senang ini. Semua olahan kuliner khas, minuman khas, serta kuliner ringan bagus kering khas Makassar sudah membius para pecinta selera nusantara yang ingin mengganti suasana pengecap dengan kayanya rempah bumbu disana. Seluruh jenis masakan yang sangat enak ini sudah sangat terkenal dan sebaiknya anda harus mencicipinya pribadi ke tempat asalnya yaitu Makassar.

Rekomenadasi ini tentu beralasan alasannya ialah sangat digemari oleh penduduk lokal secara otomatis turis akan terus memburu tiruana khas Makassar: Makanan, Minuman, Kue, dan Oleh Oleh yang dapat anda masukan dalam rencana wisata suplemen ketika berada di kota ini sebagai tempat melaksanakan banyak sekali aktifitas penting di wilayah timur Indonesia.

1. COTO MAKASSAR.
Poto oleh: ngalam.co

Makanan khas Makassar ini sudah membumi dan hampir seluruh traveler seluruh Indonesia mengenal, dengan majunya pariwisata membuat kuliner khas ini tentu harus masuk dalam pilihan wisata masakan disana. Banyak sekali resep kuliner khas Makassar sudah menjadi pilihan untuk dapat dibuat dirumah termasuk coto Makassar ini. Hidangan khas ini berupa kuah sup daging yang diolah dengan materi terbaik ditambah bumbu dapur yang cukup lengkap sehingga kuah coto yang terbentuk menjadi gurih dan lezat. Isian daging sapi terasa empuk digigit cocok ditambah sambel pedas dan sedikit perasan air jeruk nipis membuat makan siang anda menjadi lebih berkarakter.



2. SOP SAUDARA MAKASSAR.
Poto oleh: makassar.tribunnews.com

Hidangan khas lainnya kini ada piliha Sop Saudara yang ada di kota Makassar. Sangat enak dengan isian daging sapi yang sangat empuk dan bumbu lengkap dalam proses pembuatannya. Tersaji ditambah dengan isian lainnya menyerupai kentang goreng bentuk bulat, bihun, paru sapi goreng, disiram dengan kuah berbumbu. Sajian untuk satu porsi akan terhidang dengan satu piring nasi hangat dan juga ada tambahan lainnya menyerupai telur rebus atau ikan bakar sebagai suplemen lauknya. Mempertinggi rasa menambahkan sambel dan irisan timun membuat pengecap anda akan segera bergoyang untuk menyantap sop yang cukup fenomenal di kota Makassar.

3. KONRO.
Poto oleh: santapsedap.com

Makanan khas Makassar dari olahan daging sapi atau iga sapi dapat anda coba, proses pembuatannya seluruh materi yang sudah dipersiapkan akan ditambah dengan rempah bumbu penting ini menghasilkan kuah kaldu yang sangat enak dan gurih. Kuah yang dihasilkan menyerupai kuah sop yang kaya rempah. Sudah sangat dikenal dan fenomenal dan tidakboleh hingga terlupakan ketika anda berada di Makassar untuk mencoba masakan wajib yang harus disantap ketika makan siang atau makan malam.

4. BARANGKO.
Poto oleh: dictio.id

Kue khas Makassar yang harus masuk dalam wisata masakan lainnya yaitu Barangko. Asalnya dari tempat Bugis Makassar ini sebagai jajanan khas pasar bentuk kuliner ringan bagus pisang. Saat disantap terasa lembut di lisan dan rasa bagus sangat terasa sekali. Bahan dasar yang dipakai untuk membuat jajanan khas pasar dari Makassar ini ialah telur, daram, gula, dan susu bubuk yang dicampur rata dengan materi utamanya yaitu pisang. Sangat direkomendasikan untuk mencicipinya dan cocok sebagai hidangan pencuci lisan ketika anda menyantap coto, atau konro.

5. PISANG EPE.
Poto oleh: jadidiberita.com

Cemilan atau jajanan sore ketika anda berada di pantai Losari Makassar banyak sekali penjual kaki lima yang menghidangkan Pisang Epe sebagai sajian enteng mengisi waktu luang di kota Makassar. Bahan dasar pisang kepok yang setengah matang dibakar di atas bara api, sehabis matang kemudian disajikan harus dipipihkan dengan alat sederhana dari kayu sehingga sebutan epe terbentuk. Untuk toping sangat bervariasi dapat ditambah susu kental manis, madu, ataupun ditambah keju menjadi lebih enak dan gurih. 

6. ES PALU BUTUNG.
Poto oleh: resepdanmasakan.com

Minuman es yang cukup fenomenal bahkan sudah menjadi pilihan terbaik di ketika cuaca gerah hadir di kota Makassar. Es palu butung namanya, kuliner khas Makasar yang materi dasar pembuatannya berasal dari pisang hijau yang kemudian disajikan dan dipotong sesuai dengan porsi penyajian di tambah dengan bubur putih yang sudah dimasak dengan santan kelapa kental. Tidak lengkap rasanya didiberikan es serut serta susu kental manis, siap disantap dan anda merasakan tidak cukup satu porsi menikmati minuman es ini alasannya ialah lezat, gurih dan bagus cocok di cuaca terik siang hari.

7. GOGOSO.
Poto oleh: makananoleholeh.com

Walaupun berasal dari tempat Bugis tetapi sudah disenangi di kota Makassar sebagai hidangan penting di hari perayaan menyerupai Idul Fitri. Tidak spesialuntuk ketupat saja Gogoso juga sebagai suplemen hidangan, ketika kini ini sudah tersedia di hari biasa dimana penjual selalu menjadi kuliner khas ini di sentra kota Makassar.

8. PALLU BASA.
Poto oleh: qubicle.com

Makanan khas Makassar ini sangat banyak ditemukan di sentra kota. Penyajiaanya murup dengan Coto Makassar tetapi ada sedikit perbedaan dimana isian satu porsi Pallu Basa ada daging sapi ditambah dengan jeroannya. Sungguh enak nikmat ketika dipilih sebagai sajian makan siang yang tentu harus tidak sama dan pastikan anda terbebas dari penyakit kolesterol semoga dapat menyantap Pallu Basa dengan dua porsi penuh.

9. MIE TITI.
Poto oleh: indonesianfoods313.blogspot.com

Jenis sajian ini banyak ditemukan di sentra kota Makassar hadir di malam hari sebagai sajian makan malam. Olahan kuliner khas Makassar ini ialah ekspansi inspirasi untuk menyediakan sajian yang lebih bervariasi sehingga Mie Titi menjadi sangat fenomenal bagi penduduk lokal dan para turis. Menggunakan materi bumbu yang cukup lengkap dan isian cukup bervariasi dimulai dari sea food atau daging sapi. Untuk mempersembahkan nilai serat sehat dimenambahkan sayuran segar. Sebagai sajian khas dari Makassar yang tentu gurih dan enak ini sudah masuk dalam daftar wisata masakan penting di setiap peluang.

10. JUKU PALLU CE'LA.
Poto oleh: cookpad.com

Termasuk dalam oleh-oleh-khas-Makassar ini ialah olahan ikan yang dipakai sebagai materi baku dasar untuk memasak jenis masakan lainnya. Ikan Pallu Ce'la ini ialah jenis ikan yang sudah dimasak dan akan diolah kembali ketika hingga di kota tujuan anda. Khusus untuk penduduk lokal mereka dapat menciptakannya sendiri untuk konsumsi sendiri. Khusus anda seorang turis pilih jenis buah tangan ini sebagai sajian khas dari Makassar, sudah tersedia di toko buah tangan di Makassar.

11. BEBEK PALEKKO.
Poto oleh: makassarkuliner.com

Ternyata sajian daging angsa juga hadir di Makassar. Telah banyak dipilih oleh penduduk lokal sebagai kuliner khas tentu dapat menjadi destinasi wisata masakan anda ketika berada di sana. Daging angsa yang diolah dengan bumbu yang cukup lengkap ini tentu sangat cocok dinikmati ketika makan siang atau makan malam yang sudah banyak tersedia hampir disetiap sudut kota Makassar.

12. IKAN BAKAR BANDENG.
Poto oleh: eatsfun.wordpress.com

Olahan makanan-khas-Makassar lainnya terpilih Ikan Bakar Bandeng uang sangat unik bahkan rasanya sangat tidak sama ketika disantap pribadi di kota Makassar. Ikan segar yang enak dan gurih ini tentu sudah banyak dipilih dagingnya yang sangat lembut dan memakai bumbu lengkap ini niscaya disukai oleh penduduk lokal dan menjadi destinasi penting masakan di Makassar. Walaupun sangat sederhana tetapi sangat fenomenal sekali dikalangan turis dan ditambah dengan sambel yang membuat pengecap tesetrum pedasnya.



13. KAPURUNG.
Poto oleh: kopisenja.com

Tentu termasuk kuliner tradisional khas dari Makassar ini terbuat dari sari tepung sagu. Namanya Kapurung ini dimasak dengan variasi daging ikan bahkan daging ayam ini akan enak dicampur dengan guaka jenis sayuran. Walaupun sebagian turis menyebutnya sangat tradisional tetapi sangat terkenal dan sangat fenomenal bagi penduduk lokal. Khusus di tempat Luwu kuliner ini tersebut sebagao Pugalu, walaupun namanya tidak sama tetapi jenis menunya tetap sama.

14. BURAS.
Poto oleh: teman dekatkotatua.id

Jangan lupakan juga Buras sebagai kuliner khas dari Makassar ini masuk dalam daftar icip-icip kuliner yang harus dilakukan sebagai suplemen masakan disana. Sekilas sangat menyerupai dengan lonting ini tetapi ada perbedaan, Buras lebih lembut dan halus dan dibalut dengan bungkusan daun pisang muda. Sesudah matang akan ditaburkan dengan kelapa kering, garam, gula, dan sedikit cabe. Menu kuliner khas Makassar ini juga wajin ketika ada program khusus penduduk lokal menyerupai syukuran atau bahkan di program khusus keagamaan menyerupai di Lebaran.

15. PUTU CANGKIRI.
Poto oleh: sulselku.com

Cemilan atau kuliner ringan bagus tradisional ini terbuat dari ketan ini bentuk seperi cangkir terbalik yang tentu menjadi kue-khas-Makassar yang harus anda cicipi. Rasa bagus yang berasal dari gula merah ini tentu lebih trasa otentik walaupun ada rasa bagus lainnya dari gula pasir. Jenis yang tersedia memakai jenis rasa bagus ini akan tidak sama warna bentuk, kalau memakai gula pasir akan warna putih sedangkan memakai gula merah akan berbentuk cokelat kemerahan.

16. BAJE CANGGORENG.
Poto oleh: babacaca.com

Termasuk dalam nama-kue-kering-khas-Makasar ini tentu sangat banyak dipilih sebagai oleh-oleh-khas-Makassar yang sudah banyak disukai oleh para turis. Terbuat dari materi yang tentu gurih menyerupai kacang tanah dan gula merah ini sekali digigit sudah tidak dapat diberhentikan hingga habs satu bungkus. Kue-khas-Makassar ini sudah banyak digemari dan perlu diingat bahwa cemilan ini spesialuntuk bertahan satu bulan saja dalam bungkus tertutup. Anda tidakboleh khawatir, banyak sekali penjual di kota Makassar menjual kuliner ringan bagus kering ini sebagai hidangan yang sangat disukai oleh penduduk lokal dan par traveler seluruh Indonesia.

17. KUE DANGE.
Poto oleh: ngetren.co.id

Nama-kue-khas-Makassar lainnya berjulukan Dange, terlintas menyerupai kuliner ringan bagus pukis dan ada rasa manis, legit, dan lembut ketika dikunyah. Cemilan atau jajanan khas ini sudah tentu menjadi pilihan ketika waktu senggang dan cocok untuk mitra minum teh. Terbuat dari kelapa parut dan gula merah ini menjadi sebuah paduan yang sangat harmonis sehingga nagih terasa tidak cukup satu akan menghipnotis tiruana turis dan penduduk lokal ketika menyantapnya.

18. DOKO DOKO CANGKULING.
Poto oleh: sahabat dekatnesia.com

Jajanan atau cemilan khas dari kota Makassar ini disenangi oleh segala umur. Terbuat materi bahan terbaik menyerupai gula, tepung beras, kentang, serta santan tentu mempersembahkan rasa gurih dan lezat. Doko Doko Cangkuling ini diisi dengan beberapa jenis pilihan dimulai dari kelapa parut atau gula merah. Terbungkus mengerucut memakai daun pisang, ketika disantap terasa legit dan manis. Kue ini juga banyak disajikan ketika program penting ijab kabul yang ada di Sulawesi Selatan sebagai hidangan penting.

19. KUE BARUASA.
Poto oleh: craftlog.com

Kue-kering-khas-Makassar ini tentu sangat bersahabat sekali oleh penduduk lokal Sulawesi Selatan. Sangat fenomenal sekali rasanya dan terbuat dari materi yang sangat sederhana menghasilkan kuliner ringan bagus yang sangat disukai seluruh generasi. Semua materi tepung beras, gula aren, kuning telur, mentega, dan kayu bagus di adon kemudian dibuat lingkaran sebagai bentuk paling banyak dibentuk. Cemilan dan jajanan penduduk lokal yang sudah membius para turis untuk mencobanya.

20. CUCURU.
Poto oleh: youtube.com

Kue-tradisional-khas-Makassar lainnya berjulukan Cucuru. Rasa yang sangat gurih dan enak ini tentu sangat cocok untuk mitra minum teh ketika sore menjelang. Renyah kriuk krispi terasa sehingga dikunyah enak sekali. Berbentuk lonjong dan menyerupai kerucut ini tentu simpel dikenali cemilan jajanan khas Cucuru Makassar.

21. SANGKOLO atau SOKKO.
Poto oleh: makassar.merdeka.com

Terbuat dari beras ketan putih dan proses memasaknya dikukus ini tentu menarikdanunik untuk dicoba. Jenis tepung ketan yang dipilih ada beras ketan putih atau hitam. Sesudah matang Sangkolo akan disajikan diatas piring dan kemudian ditaburi dengan kelapa parut yang sudah digoreng. Untuk tambahan lauknya dapat dipilih apakah ikan asin kering atau telur angsa asin atau telur asin. Cocok sekali dan kuliner khas Makassar yang harus anda coba.

22. BURONGCONG.
Poto oleh: misstamchiak.com

Nama-kue-khas-Makassar lainnya berjulukan Burongcong yang sangat disenangi oleh penduduk lokal segai kuliner ringan bagus yang berbentuk unik ditengah kuliner ringan bagus ada setengah lingkarang. Terbuat dari materi yang sangat sederhana ini berupa tepung terigu, parutan kelapa, hingga gula pasir akan menjadi kuliner ringan anda dengan teh di sore hari.

23. JALANGKOTE.
Poto oleh: maxnyoos.com

Kue-khas-Makassar ini banyak diburu di bulan suci Ramadhan khususnya untuk berbuka puasa. Jalangkote ini sangat menyerupai dengan pastel tapi yang membedakan kulitnya sangat tipis kalau dibandingkan dengan pastel Isiannya tentu sangat enak dan sehat menyerupai ketang, tauge, wortel, dan soun. Sangat enak sekali cocok untuk kuliner ringan cemilan di waktu senggang.

24. SARABBA.
Poto oleh: sajiansedap.grid.id

Minuman-khas-Makassar berjulukan Sarabba yang terbuat dari materi sangat traisional sekali menyerupai gula merah, telur kuning, jahe, dan santan. Rasa tang sangat enak ini ketika anda meminumnya akan terasa nagih dan membuat ketagihan akan terus menghantui. Sangat disukai alasannya ialah menambah staniman badan terutama di malam hari terasa dingin, dan Sarabba ada rasa jahe yang terasa hangat cocok sebagai minuman tolak angin. Jadi, ketika anda keluar kota dimulai perjalanan dari kota Makassar tidakboleh lupa Sarabba sebagai minuman menyehatkan usir masuk angin.
close