Khas-Kendari-Sulawesi-Tenggara: Makanan, Minuman, Cemilan, Serta Oleh-Oleh

Saat bertandang ke Kendari Sulawesi Tenggara tidakboleh lupakan wisata masakan khas yang banyak pilihan dimulai dari makanan, minuman, cemilan, hingga oleh-oleh yang sanggup menghadirkan suasana ceria ketika menghabis waktu liburan di provinsi ini. Seluruh jenis bentuk kuliner tentu sebagai bahasa yang sangat universal sehingga hasil olahan penduduk lokal ini menjadi fenomenal dan disenangi oleh seluruh turis yang akan mempersembahkan efek konkret terhadap pariwisata di kota Kendari Sulawesi Tenggara. Perjalanan ini tentu akan mempersembahkan pengalaman gres serta vocabulary jenis masakan yang anda ingin rasakan sudah tentu niscaya lengkap setelah merasakan seluruh jenis olahan ini dalam destinasi wisata masakan nanti.

Plesirankotatua ingin menghadirkan informasi yang anda butuhkan yaitu informasi Khas-Kendari-Sulawesi-Tenggara: Makanan, Minuman, Cemilan, Serta Oleh-Oleh yang terangkum dalam artikel ini sehingga anda sanggup menentukan hidangan yang mana sesuai dengan selera dan pastinya seluruh jenis ragamnya memiliki rasa otentik dan siap menggoyang pengecap anda.

1. KASOAMI.
Poto oleh: makassar.tribunnews.com

Tentu jenis makanan-khas-Kendari-Sulawesi-Tenggara ini sudah digemari dan sudah hadir sebagai masakan penting di provinsi ini. Menurut dongeng asal mula hidangan ini dari Pulau Wakatobi dan Pulau Buton, khusus penduduk lokal Kendari memang sudah tidak abnormal lagi bahkan sudah menjadi masakan wajib dan harus di coba ketika anda berada di sana. Kasoami ialah hidangan yang berbahan dasar dari umbi atau singkong, jikalau dilihat di Pulau Wakatobi dan Pulau Buton memang banyak sekali ditemukan singkong sebagai hasil pertanian yang dijual tetapi jenis singkong yang digunakan tidak sama alasannya yaitu jikalau eksklusif digoreng atau dibentuk panganan masih ada racunnya. Karena itu lah keunikan Kasoami ini memiliki waktu yang cukup panjang dan usang untuk tercipta hidangan yang sangat enak dan gurih. Kasoami yang ada ketika ini memiliki rasa yang sangat khas dan sanggup disandingkan dengan guaka lauk lainnya menyerupai ikan asin, ikan bakar, ikan kuah, atau ikan perende. Semuanya tergantung selera dari anda jenis hidangan lauk apa yang disenangi. Untuk mempertinggi rasa sanggup dimenambahkan sayur bening yang sangat tepat dilakukan dengan secangkir teh hangat yang tentu membuat suasana lebih semangat.

2. KABUTO.
Poto oleh: viva.co.id

Olahan kuliner khas lainnya berjulukan Kabuto, asalnya dari Pulau Buton dan Kabupaten Muna. Memang berbahan dasar dari ubi atau singkong yang harus dimembersihkankan terlebih lampau dan dibiarkan hingga berjamr. Dalam jangka waktu yang cukup usang dibiarkan mengiring dan berjamur akan mempersembahkan rasa otentik dan ketika tersaji akan mempersembahkan aroma unik sebelum disantap. Saat menjadi hidangan harus ditambah dengan parutan kelapa sebagai pemanis dan guaka lauk pilihan yang cocok yaitu ikan asin atau ikan goreng laut. Pada waktu disantap akan terasa kenyal-kenyal dan lembut ya menyerupai mirip camilan anggun kering pada umumnya. Walaupun penjual masih sangat langka tetapi masih ada di sentra kota Kendari ini alasannya yaitu materi dasar yang harus melalui proses yang cukup usang itu lah yang menjadi penyebab bahwa hidangan masih sangat terbatas jumlahnya.



3. LAPA LAPA.
Poto oleh: foody.id

Makanan khas dari Kendari Sulawesi Selatan ini sangat gurih dan harus anda coba ketika berada disana nanti. Sebagai pemanis untuk disantap pilih ikan Kaholeonarore atau ikan asin paduan terbaik. Jika dilihat dari proses pengolahannya Lapa Lapa ini dibentuk dari beras dan bersama santan, setelah setengah matang kemudian campuran tersebut di dinginkan dan setelah itu direbus kembali. Sebelum di rebus kembali beras yang setengah matang tadi harus dibungkus dengan janur kelapa muda untuk proses pematangan. Kuliner-Kendari ini banyak sekali disajikan ketika adanya perayaan Idulfitri Idul Fitri, ketika buka puasa, atau Idulfitri Idul Adha. Untuk mendapat Lapa Lapa yang enak ini butuh waktu yang cukup usang semoga mendapat hasil yang terbaik dengan cita rasa enak dan gurih. Jangan khawatir, penjual Lapa Lapa di kota Kendari masih relatif banyak dan sanggup anda coba ketika berada di sana.

4. SINONGGI.
Poto oleh: diberitagar.id

Makanan-khas-Kendari-Sulteng ini berasal dari sari pati sagu yang ialah kuliner orisinil dari Suku Tolaki. Sangat dekat dengan masakan ini suku ini menyantapnya secara berkelompok, dengan berjalannya waktu terjadi perubahan kuliner pokok yang sudah banyak makan nasi. Tetapi ketika kini ini masih ada penduduk lokal yang membuat Sinonggi sebagai kuliner pokok yang tentu sangat fenomenal jikalau anda akan mencobanya. Di sentra kota Kendari tersedia jenis hidangan ini dijual dan pastikan anda mencoba alasannya yaitu rasanya sangat tidak sama dan sanggup menggoyang pengecap anda. Memang terlihat menyerupai lem dan harus disantap dengan banyak sekali tambahan hidangan lain menyerupai ikan berkuah bumbu dan lainnya.

5. SATE GOGOS POKEA.
Poto oleh: kompasiana.com

Penggemar sate kerang harus mencoba Sate Gogos Pokea, materi dasar kerang yang banyak digunakan sebagai materi penting untuk membuat sate ini tentu banyak di temukan di Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara, serta Asera. Makna arti dari Pokea aalah kerang. Proses pembuatannya tentu kerang yang sudah diracik dengan bumbu ini kemudian ditusuk ke banbu yang sudah disiapkan dan dihidangkan bersama bumbu bacem yang manis. Satenya sendiri agak terasa pedas alasannya yaitu bumbu yang digunakan ketika proses ada materi dasar cabenya. Untuk mendapat hidangan Sate Gogos Pokea ini banyak sekali penduduk lokal menjajakan berkelining dan pastikan anda harus mencobanya. Jika anda penggemar kerang masakan ini sangat enak dan tentunya akan membuat anda ketagihan parah.

6. OLAHAN KACANG METE.
Poto oleh: potensilokal.com

Kendari sangat surganya kacang mete dan menjadi materi penting pembuatan oleh-oleh-khas-Kendari. Jenis produk turunan yang dibentuk oleh penduduk lokal cukup bermacam-macam dimulai dari kacang mete dibentuk banyak sekali rasa dan kini ini sudah tercipta kerupuk mete yang sanggup membuat pilihan terbaik untuk oleh-oleh anda nanti. Banyak sekali penjual di toko oleh-oleh mereka yang mempersembahkan jenis olahan mete yang sangat berkarakter dan pastinya dengan harga yang sangat terjangau.

7. ABON IKAN.
Poto oleh: cookpad.com

Kendari populer dengan tangkapan hasil maritim yang cukup banyak terutama ikan marlin atau ikan cakalang. melaluiataubersamaini berlimpahnya tangkapan ketika musimnya tentu penduduk lokal membuat kuliner jenis abon yang masuk dalam oleh-oleh yang harus masuk dalam daftar belanjaan anda. Rasa yang orisinil hingga pedas anggun sanggup anda dapatkan di toko oleh-oleh yang ada di kota Kendari dan tentu harga hemat sekali cocok sebagai hantaran buah tangan.

8. BAGEA.
Poto oleh: phinemo.com

Kue-cemilan-khas-Sulawesi-Tenggara tersebut nama Bagea. Bahan dasar dari tepung sagu ini berbentuk lonjing dan didiberi guaka toping lezat. Karea Sulteng sebagai provinsi yang banyak menghasilkan kacang mete makan kue-kering-khas-Sulteng didiberi kacang mete untuk memperkuat rasa. Sudah banyak tersedia di toko oleh-oleh dan masukan ke daftar belanja anda.

9. KAIN TENUN.
Poto oleh: oleh2016.blogspot.com

Hasil karya penduduk lokal Kendari juga ada pilihan lain yaitu souvenir berupa kain yang masih ditenun secara tradisional yang masuk dalam industri rumahan. Kain tenun khas Suku Tolaki ini tentu khas sekali Pulau Buton memiliki motif yang cukup bermacam-macam dan warna yang digunakan masih berasal dari alam. Cocok sekali untuk motif baju di banyak sekali suasana dan harganya tergantung dari model kain yang anda pilih. Sekarang ini juga tersedia motif kain yang sudah menjadi fashion yang sanggup anda pilih sebagai oleh-oleh-kain-tenun-khas-Sulawesi-Tenggara.

10. JUS PATIKALA.
Poto oleh: travel.kompas.com

Jus sehat ini memang terbatas jumlahnya dan sudah mulai disukai oleh para turis sebagai mimuman-khas yang ada di kota Kendari. Anda menyukai kecombrang sebagai tambahan sayur untuk disantap kini di Kendari diolah menjadi jenis jus sehat. Proses pembuatannya sangat gampang, buah kecombrang dilumatkan dan kemudian direbus, setelah tepat dimasak maka disaring untuk diambil sarinya. Nah, sudah terhidang satu gelas jus pacikala yang aromanya sangat unik. Sesudah ditambah beberapa tambahan lainnya jus ini terasa anggun dan sangat enak. 
close