Panduan Tata Cara Legkap Dan Tips Mendaki Gunung Sibuatan Sumatera Utara Indonesia

Saat terjadinya erupsi Gunung Sinabung membuat para pecinta alam beralih ke Gunung Sibuatan Sumatera Utara Indonesia untuk menyalurkan ekspedisi mendaki pegunungan yang sudah masuk dalam animo cuti liburan kali ini. Memang Gunung Sibuatan tidak setenar dari Gunung Sinabung tetapi tidakboleh salah ada pesona tersendiri yang tersimpan di pegunungan ini. Pesona ini lah yang menjadi fenomena yang sudah menghipnotis para pendaki pegunungan ingin melaksanakan eksplor treking yang cukup unik tentunya anda calon pendaki pegunungan harus memiliki informasi yang cukup sebelum anda membuat itinerary perjalanan pendakian pegunungan sangat mempesonakan mata serta ingin menyatu dengan alam. Tulisan plesirankotatua.blogspot.com ini mengambarkan bagaimana panduan tata cara lengkap,budget biaya per orang,  dan tips mendaki Gunung Sibuatan Sumatera Indonesia yang harus dilakukan oleh para pendaki untuk ekspedisi daki pegunungan.

Poto oleh: indonesiatravelmagazine.com

SEKILAS GUNUNG SIBUATAN SUMATERA UTARA.
Gunung Sibuatan terletak di lokasi alamat kecamatan Merek, Kabupaten Karo Sumatera Utara yang tentu sebagian pendaki masih sedikit absurd kalau dibandingkan dengan Gunung Sinabung. Menurut penduduk lokal pegunungan ini terakhir erupsi sekitar tahun 2013.

PERJALANAN DIMULAI.
Untuk melaksanakan perjalanan mendaki Gunung Sibuatan dipertamai dengan melaksanakan perjalan dari Terminal Amplas dengan angkutan kota. Disinilah pertama keberangkatan yang harus dilakukan oleh para pendaki dengan cara backpacker rombongan atau tim pecinta alam. Sesudah hingga di Terminal Amplas Medan Sumut ini estafet menggunakan bus angkutan antar kota menuju ke Kabupaten Karo. Rute perjalanan Medan -> Brastagi -> Kabanjahe. Sesudah perjalanan hingga di Terminan Kabanjahe estafet kembali menggunakan angkutan desa menuju ke Desa Nagalingga, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.



FORMULA RUTE PERJALANAN KE GUNUNG SIBUATAN SUMUT INDONESIA.
Terminal Amplas Medan {menggunakan bus angkutan angtar kota} -> Brastagi -> Kabanjahe -> Desa Nagalingga Merek, Kabupaten Karo {menggunakan angkutan desa} -> Gunung Sibuatan.

Baca juga:
Teknik Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Cape Lelah Letih

PENDAKIAN GUNUNG SIBATAN SUMUT DIMULAI.
Perjalanan sudah hingga di Merek tepatnya di Desa Nagalingga anda harus melapor ke Pos Registrasi Gunung Sibuatan dan wajib dilakukan. Semua aktifitas keluar masuk pendaki bermula di tempat ini dan tiruana peraturan  mengikat seluruh pendaki tanpa ada kecualinya. Lokasinya sangat simpel ditemukan tepat sekali di pinggir jalan utama lintas Medan-Sidikalang. Untuk biaya retribusi sebelum memasuki treking pendakian IDR10.000 per orang, dan setiap pendaki harus mengisi buku pendaftaran yang sudah disediakan oleh petugas dan harus diisi dengan lengkap dan benar, pastikan anda harus mengisis nomer telepon minimal Hp keluarga. Dan kadang petugas mengharuskan pendaki untuk meninggalkan kartu identitas kalau dirasa perlu.

Sesudah tiruana lengkap tiruana persyaratan yang diminta sudah anda serahkan tiruana makan perjalanan mendaki Gunun Sibuatan sudah siap dimulai. Saat anda melangkah menuju ke kaki pegunungan atau di pos pendakian menghabiskan waktu -/+ 30 menit. Perjalanan ini tentu sangat mempesona mata sebab anda akan melewati pertanian masyarakat setempat khususnya sayuran, sehabis terlihat pohon besar dan pertanian penduduk lokal ini ada sebuah pondok terlihat berada di sekitar pohon rindang, inilah pos pendakian Gunung Sibuatan.

Sesudah memasuki pos pendakian ini anda dan rombongan akan dilakukan investigasi oleh petugas terutama tas ransel, carrier atau backpack serta tiruana perlengkapan yang dibawa akan dicatat dengan rinci. Pemeriksaan petugas ini biar para pendaki menjaga kelestarian kemembersihkanan lingkungan untuk tidak memmembuang sampah di sekitar pegunungan dan dikala sehabis turun dari pegunungan anda akan diperiksa kembali. Jika kenyataannya anda dan rombongan tidak membawa sampah itu kembali maka petugas akan mengenakan denda yang cukup besar. Kaprikornus tidakboleh sekali-kali anda memmembuang sampah sembarangan dan dikala investigasi tidak ada ditemukan maka pemerintah akan menjatuhkan eksekusi denda. Pemeriksaam ini petugas akan mereview berapa usang anda melaksanakan perjalanan dan diubahsuaikan dengan barang bawaan yang dibawa terutama logistik yang menggunakan materi plastik dan lainnya. Pastinya, dikala pemdiberitahuan briefing dan peraturan disampaikan di pos pintu rimba. Jam berapa paling telat hingga di pos dan anda harus mengikutinya.

Baca juga:
Makanan Harga Murah Dan Sehat Sebagai Bekal Khusus Untuk Mendaki Gunung

Semua persyaratan untuk mendaki Gunung Sibuatan Sumut sudah anda lengkapi dan patuhi dikala menuju ke pintu rimba sebaiknya sebelum siang, lebih direkomendasikan sekitar pukul 07:00 - 08:00 pagi. Pastikan seluruh perlengkapan penting selama treking daki pegunungan sudah anda siapkan tepat tidak ada yang tertinggal menyerupai air minum untuk seluruh rombongan. FYI, sumber air di sepanjang treking perjalanan tidak ditemukan, jumlah cukup harus anda hitung diubahsuaikan dengan jumlah rombongan yang akan ikut melaksanakan ekspedisi pecinta alam daki Gunung Sibuatan.

Dari pintu rimba sudah melaksanakan warming up badan biar tidak cedera. Shelter yang akan anda temukan sekitar 5 shelter dimana masing-masingnya keunikan masing-masing. Memulai perjalanan anda sudah melihat pohon besar sudah menyambut kehadiran anda ya menyerupai kaki pegunungan pada umumnya.

SHELTER 1 ke SHELTER 2.
Dari pintu rimba ke shelter 1 diperlukan waktu sekitar 30 menit perjalanan, sehabis istirahat sejenak anda harus segera hingga ke shelter 2 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Di sekitar shelter ini para pendaki akan melihat pohon besar yang terlihat lumut bergelantungan cukup tebal ini yang ialah ciri khas hutan tropis yang menyerupai dengan pohon yang ada di Gunung Singgalang Sumbar.

SHELTER 2 ke SHELTER 3.
Sesudah hingga di shelter 2 akan menuju ke shelter 3 dan harus mempersiapkan fisik dan menempuh perjalanan treking selama 3 jam. Waktu ini bersama-sama diubahsuaikan dengan kondisi fisik para pendaki sebab di treking ini sudah terlihat berat dan rutenya cukup menguj fisik. Perjalanan yang berat ini tentu saja sangat menguras tenaga dan rekomendasi terbaik yaitu di shelter 3 ini lah tempat terbaik untuk makan siang. Anda dan rombongan sanggup menikmati bekal makan siang bersama-sama.



SHELTER 3 ke SHELTER 4.
Makan siang sudah selesai saatnya perjalanan harus dilanjutkan kembali. Jalur ini akan terlihat pesona hutan hujan tropis sudah terasa sekali. Tanah yang banyak lumpur, lumut yang cukup tebal hingga dengan 50 cm terlihat. Jadi, walaupun udara terasa cuek akan terasa sejuk di kulit. Treking yang penuh dengan lumpur pastikan anda menggunakan sepatu yang memiliki stamina khusus untuk daki pegunungan. Pakai jenis materi yang non waterproof biar tidak terjadi berair dan akan mempengaruhi berat langkah dan pijakan. Suasana yang akan anda rasakan yaitu ritme perjalanan yang berat dimulai dari merangkak, melompat, memanjat, hingga terjadi berair kuyub akan menjadi rintangan tambahan. Jika anggota rombongan sanggup melangkah cepat maka anda akan pundak membahu untuk seret-seretan untuk hingga ke shelter terakhir. Ini lah nyali perjalanan daki Gunung Sibuatan yang dikangeni oleh para pendaki dengan kompak dan bersama-sama menghadapi rintangan.

Baca juga:

SHELTER 4 ke SHELTER 5.
Sesudah istirahat sejenak melepas lelah yang menguras tenaga saatnya perjalanan menuju ke shelter 5 dimulai. Lama perjalanan +/- 1 jam perjalanan dengan treking menanjak dan rombongan harus awas untuk berpegangan dengan ranting dan pohon yang kuat. Stamina besar lengan berkuasa dan sehat mulai lagi diuji di jalur ini. Tujuan ke shelter 5 ini ialah tempat yang direkomendasikan untuk mendirikan tenda bermalam atau menginap. Lapangan luas ya menyerupai mirip puncak yang terdapat Tugu Satya. 

PENTING! memang sebelum memasuki shelter 5 ini ada tempat datar yang cukup luas berjulukan pintu angin lokasinya sekitar tugu penghormatan Mapragatwa. Tanah luas yang memiliki pemandanan yang sangat fenomenal indahnya dengan bukit hijau, tidakboleh terkecoh dengan lokasi ini dan tidakboleh pula mendirikan tenda di area ini. Karena lokasi ini cukup beresiko sebab pintu angin tentu hembusan angin sangat tinggi di area ini dakan mempersembahkan imbas fatal terhadap ekspedisi perjalanan nanti. Udara sangat cuek dan bisa saja tenda anda beterbangan dikala angin berhembus kencang jadi direkomendasikan anda harus menuju ke shelter 5 jaraknya tidak terlalu jauh dari area anggun indah ini yang sudah disediakan oleh petugas.

PILAR.
Sesudah anda bermalam dan menginap di shelter 5 saatnya menuju ke Pilar. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam perjalanan. Jangan memaksakan diri kalau badan terasa letih dan lelah menginap di shelter 5 dan keesokan paginya anda bisa melanjutkan ke pilar sebagai destinasi paling tamat untuk rute mendaki Gunung Sibuatan.

PUNCAK PILAR.
Ini lah keunikan dari Gunung Sibuatan Sumatera Utara, ada destinasi puncak pilar yang bisa dilakukan oleh para pendaki. Anda dan rombongan sanggup melihat matahari terbit sunrise di sebelah timur dan melihat sunset matahari terbenam sebelah barat. Jika cuaca mendukung dan anda memiliki kemampuan untuk mewujudkan keduanya menjadi lengkap sudah mendaki Gunung Subuatan sebagai perjalanan bersejarah dalam hidup anda. Untuk mendapat kedua pesona ini tentu cuaca yang mendukung, maklum hutan yang ada disekitar pegunungan termasuk jenis hutan tropis curah hujan cukup tinggi makan tidakboleh salah tiba-tiba akan telihat kabut tebal hadir untuk merintangi misi anda disana.

Waktu tempuh untuk hingga PILAR sekitar +/- 45 menit menjadi pesona fenomenal dengan keindahan alam pepegununganan. Anda bisa melihat ke seluruh penjuru dan mata anda akan termanjakan pesonanya. Jika anda beruntung cuaca baik dan terperinci kejernihan ini bisa anda awetkan dengan kamera, hape smartphone, atau mereka vidio. Tentu saja waktu yang tepat menjadi pilihan terbaik untuk sebuah destinasi treking mendaki pegunungan.

Untuk mengakibatkan bukti bahwa anda sudah hingga ke puncang pegunungan, siapkan waktu selama +/- 20 menit perjalanan untuk hingga ke tiang beton setinggi 1,5 meter sebagai records terbaik para pendaki pegunungan yang pernah menginjakan kaki di Gunung Sibuatan yaitu SEC TRIANG NO.191. INI PILAR yang sebut bahwa Gunung Sibuatan bangkit dengan gagah dan tegar menjulang tinggi di 2.457 mdpl yang berada di Sumatera Utara Indonesia.

SAAT TURUN GUNUNG MENUJU POS PEMERIKSAAN PINTU RIMBA.
Sesudah anda puas melihat seluruh keindahan Gunung Sibuatan saatnya turun kembali dan membawa seluruh perlengkapan. Semua sampah harus anda bawa turun tiruana tidakboleh hingga tertinggal dan dimasukan ke tas plastik khusus sampah. Usahakan perjalanan anda turun hingga di pos pintu rimba sebelum pukul 18:00, sebab identitas anda harus dicatat kembali oleh petugas. Maka ada kebijakan petugas meninggalkan kartu identitas anda untuk melaksanakan proses arus masuk keluar pendaki lebih tertata dengan baik. Petugas menjaga bisa saja sudah pulang sehabis anda melewati pukul 18:00 jadi sanggup merepotkan kedua belah pihak yang saling berkepentingan. Kaprikornus tertib manajemen harus dilakukan biar kenyamanan kedua belah pihak tetap terjaga.

BUDGET BIAYA PERJALANAN DARI MEDAN KE LOKASI.
1. Ongkos dari Medan hingga ke Gunung Sibuatan: IDR40.000 - IDR50.000 per orang.
2. Biaya pendaftaran masuk ke Gunung Sibuatan: IDR10.000
Kaprikornus total budget biaya yang harus anda persiapkan untuk satu orang transportasi dari kota Medan menuju ke lokasi +/- IDR60.000. Jika terjadi kenaikan ongkos transportasi tidak terlalu tinggi dan masih terjangkau.

Baca juga:
close